Sejarah dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah komputer yang saling berhubungan satu dengan komputer lainnya yang berfungsi untuk bertukar data seperti transfer data, mengolah data, mengendalikan, dan lainnya. Jaringan komputer lahir pada tahun 1940 di Amerika, awal mula ide dimulai dari sebuah proyek yang memanfaatkan komputer yang ingin dipakai bersama untuk melakukan sebuah proses. Setelah itu munculah super komputer tahun 1959, super komputer ini bisa disebut server, karena melayani beberapa terminal, untuk sebuah distribusi yang disebut TSS (Time Sharing System). Beberapa tahun kemudian tahun 1969 membuat program riset yang disebut ARPANET, yang sudah menghubungkan 10 an komputer yang bisa untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Pada saat itu membuat jaringan komputer sangatlah mahal karena komponen-komponen yang digunakan masih langka belum seperti sekarang.

advertisement

gambar Time Sharing System

Setelah mengetahui secara sekilas sejarah komputer, sekarang kami akan membahas apa saja manfaat jaringan komputer yang bisa kita rasakan? Untuk manfaat jaringan komputer ada banyak diantaranya:

advertisement

– Sebagai Sumber Sharing (Resource Sharing)

Jaringan komputer bermanfaat untuk penggunaan secara bersama-sama, misal anda berada di luar kantor anda masih bisa mengakses data kantor dengan alamat IP yang sudah disharing. Sehingga jaringan komputer dapat mempermudah dan dapat menjadi efisiensi kerja.

–  ReliabilitasTinggi

Yang dimaksud Reliabilitas Tinggi adalah bisa diandalkan dan bisa sebagai sumber alternatif persediaan. Contohnya anda dapat mengcopy, mengedit dan menghapus data dari komputer satu ke komputer dua.

– Meningkatkan Pelayanan

Dengan menggunakan jaringan komputer dapat meningkatkan pelayanan ke komputer client tanpa harus langsung ke komputer client, mempermudah pengaksesan informasi, menjalankan program  dan juga mempercepat komunikasi.

Setelah mengetahui berbagai manfaat jaringan komputer sekarang kami akan membahas jenis jenis jaringan komputer berdasarkan wilayan/jangkauan. Jaringan komputer mempunyai beberapa jenis dan manfaatnya, harga dan biaya yang dikeluarkan juga berbeda-beda.. Berikut jenis-jenis jaringan komputer.

–  LAN ( Local Area Network)

LAN biasanya dipakai di pada area sekolah, kampus, tempat kerja yang mempunyai jangkauan terbatas cuma beberapa m. Biasanya dipakai untuk mengakses komputer, printer dll.

– MAN ( Metropolitan Area Network)

MAN memiliki jaringan lebih luas dibandingkan dengan LAN, MAN atau Metropolitan Area Network dapat diakses 50 KM.

–  WAN (Wide Area Network)

WAN memiliki jaringan paling luas dibandingkan LAN dan MAN, WAN ini dapat menghubungkan ke seluruh dunia dan antar benua.

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

–  Client – Server

Client server ini merupakan jaringan yang menghubungkan komputer dengan lebih dari 1 komputer.

– Peer To Peer

Pada jaringan ini mempunyai fungsi menghubungkan komputer satu dengan lainnya tetapi berbeda dengan client server, pada jaringan Peer To Peer setiap komputer dapat berfungsi sebagai client atau server.

Jenis jenis jaringan komputer bedasarkan topologi.

1. Topologi Bus
2. Topologi Ring
3. Topologi Tree
4. Topologi Mesh
5. Topologi Linier

Jenis Jenis Jaringan Komputer berdasarkan media transmisi

1. Jaringan berkabel ( Wired Network)

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Demikian artikel Sejarah dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfat.

 

 

advertisement
Sejarah dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer | Mark Magsayo | 4.5